HUBUNGAN MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Main Author: Wahyuliani, Nopia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/2037/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/2037/
http://lib.unisayogya.ac.id
Daftar Isi:
  • rumah sakit belum mampu memberikan sesuatu hal yang benar-benar diharapkan pengguna jasa. Faktor utama tersebut karena pelayanan yang diberikan berkualitas rendah sehingga belum dapat menghasilkan pelayanan yang diharapkan pasien sehingga mempengaruhi kualitas pelayanan kepada masyarakat. Jika kondisi seperti ini tidak direspon, maka akan menimbulkan citra yang kurang baik terhadap rumah sakit sendiri (Pohan, 2013). Tujuan : Mengetahui hubungan mutu pelayanan rumah sakit dengan kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Instalasi Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Panembahan Senopati Bantul. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain penelitian Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik Sampling mnggunakan Proposive Sampling sejumlah 40 responden. Teknik analisa bivariat menggunakan Kendall’s tau_b Hasil : Uji statistik kendall’s tau menghasilkan nilai signifikansi p value hubungan mutu pelayanan rumah sakit dengan kepuasan pasien sebesar 0,000<0,005 Simpulan dan Saran : Terdapat Hubungan yang signifikan antara Mutu Pelayanan Rumah Sakit dengan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Instalasi Rawat Inap Kelas III RSUD Panembahan Senopati Bantul dan Diharapkan dapat melakukan penelitian selanjutnya yang lebih mendalam terkait mutu pelayanan rumah sakit dengan kepuasan pasien BPJS Kesehatan dengan memperhatikan faktor faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Mutu Pelayanan Rumah Sakit, Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Kepustakaan : 25 buku, 6 jurnal, 6 website, 4 skripsi Jumlah halaman : xiii, 85 halaman, 7 tabel, 2 gambar, 14 lampiran