HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA MAHASISWA DIPLOMA IV BIDAN PENDIDIK SEMESTER V DI STIKES ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

Main Author: Safinah, Ummy M
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1897/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1897/
http://lib.unisayogya.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Penyelenggaraan program pendidikan pada jenjang pendidikan kesehatan diharapkan dapat menumbuhkan dan membina sikap serta tingkah laku profesional berdasarkan landasan ilmu pengetahuan kebidanan. Dalam mengikuti pendidikan kebidanan itu sendiri diperlukan adanya motivasi sebagai dasar penggerak yang mendorong aktivitas belajar sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Indeks prestasi kumulatif sangat memberikan kontribusi yang cukup besar kepada individu dan institusi terkait berupa kualitas kelulusan. Tujuan : Diketahui hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi kumulatif. Metode : Metode yang digunakan analitik Correlation dengan pendekatan waktu cross sectional, pengambilan sampel menggunakan total populasi dan analisa data menggunakan kendall tau. Hasil: Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap 129 responden, didapatkan hasil motivasi belajar tinggi sebanyak 78 orang (60,5%), motivasi belajar sedang sebanyak 51 orang (39,5%). Mahasiswa yang memiliki IPK tinggi sebanyak 125 orang (96,9%), IPK sedang sebanyak 4 orang (3,1%). Simpulan : Tidak ada hubungan antara motivasi belajar dengan indeks prestasi kumulatif dengan nilai Sig 0,142. Saran : Diharapkan kepada mahasiswa agar memperhatikan faktor lain yang mempengaruhi indeks prestasi kumulatif seperti minat, bakat, cara belajar, sarana/fasilitas karena motivasi belajar tidak terbukti mempengaruhi tinggi atau rendahnya indeks prestasi kumulatif. Kata Kunci Kepustakaan Jumlah Halaman : Motivasi belajar, indeks prestasi kumulatif : 44 Buku, 3 e Jurnal, 3 Skripsi, 7 Internet, Al-Qur?an. : xiv, 76 Halaman, 11 Lampiran, 9 tabel, 2 gambar