HUBUNGAN KESESUAIAN PEMBELAJARAN STUDENTS CENTERED LEARNING DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN PERSALINAN II MAHASISWA D IV BIDAN PENDIDIK SEMESTER IV STIKES ‘AISYIYAH YOGYAKARTA
Main Author: | FIRDAUSIA, Shalsabilla Tiara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1893/1/REVISI%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1893/ http://lib.unisayogya.ac.id |
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Data rekap nilai dapat dilihat mahasiwa yang memperoleh nilai C, D, dan E masih cukup banyak dengan jumlah presentase 16,6%. Dari hasil studi pendahuluan 6 mahasiswa menyatakan tertarik dengan pembalajaran Student Centered Learning, karena dengan pembelajaran (SCL) mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar, terdapat 4 mahasiswa menceritakan kebiasaan belajar yang menurun dan malas untuk belajar dengan materi mata kuliah yang banyak. Tujuan: Untuk mengetahuinya hubungan kesesuaian pembelajaran SCL dengan tingkat prestasi belajar Asuhan Kebidanan Persalinan II mahasiswa Program Studi D IV Bidan Pendidik semester IV di STIKes „Aisyiyah Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis subjek penelitian (sampling jenuh), jumlah sampel 130 mahasiswa. Teknik analisa penelitian ini menggunakan Korelasi Kendal Tau. Hasil: Hasil penelitian diperoleh dengan analisis Korelasi Kendal Tau nilai z hitung sebesar 6,953 dengan sig ( ) sebesar 0,000 dan taraf signifikansi ( ) adalah 5% (0,05) diperoleh z tabel 1,96. Karena z hitung > z tabel dan nilai ) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya pada kedua korelasi ini terdapat sig ( hubungan yang cukup kuat. Kesimpulan: Ada hubungan kesesuaian pembelajaran (SCL) dengan tingkat prestasi belajar Asuhan Kebidanan Persalinan II mahasiswa Program Studi D IV Bidan Pendidik semester IV di STIKes „Aisyiyah Yogyakarta sebesar 0,412. Saran: Mahasiswa diharapkan selalu meningkatkan belajarnya dengan menerapkan pembelajaran SCL untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal. Kata Kunci Kepustakaan Jumlah halaman : Kesesuaian Pembelajaran Student Centered Learning dan Tingkat Prestasi Belajar Asuhan Kebidanan Persalinan II : 1 ayat Al-Qur?an, 28 buku (2000-2014), 5 jurnal : xii, 71 halaman, 9 tabel, 2 gambar, 13 lampiran