HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PERILAKU MENSTIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-5 TAHUN DI POSYANDU KAMBOJA DUSUN KALONGAN MLATI SLEMAN
Main Author: | Sari, Lusi Yunita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1883/1/NASKAH%20PUBLIKASI%20LUSI%20YUNITA%20SARI-201410104471.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1883/ http://lib.unisayogya.ac.id |
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Pada masa anak usia 3–5 tahun memiliki potensi besar untuk segera berkembang. Masalah yang terjadi pada perkembangan anak salah satunya adalah keterlambatan perkembangan anak. Penyebab dari keterlambatan perkembangan anak salah satunya adalah kurang aktifnya perilaku orang tua dalam memberikan stimulasi kepada anak, karena ketidaktahuan orang tua terhadap pentingnya stimulasi perkembangan. Tujuan: Mengetahui adanya hubungan pengetahuan ibu dengan perilaku menstimulasi perkembangan anak usia 3-5 tahun di Posyandu Kamboja Dusun Kalongan Mlati Sleman. Metode: Metode korelasional dengan pendekatan waktu cross sectional. Uji hipotesis menggunakan Kendal Tau dan pengujian keeratan hubungan menggunakan koefisien kontingensi. Jumlah sampel 32 responden. Hasil: Responden yang berpengetahuan cukup adalah sebanyak 17 orang (53,13%) dan yang melakukan perilaku menstimulasi perkembangan anak dengan cukup 15 orang (46,80%). Hasil uji statistik didapatkan nilai p sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,644. Simpulan: Ada hubungan dengan tingkat keeratan yang kuat antara pengetahuan ibu dengan perilaku menstimulasi perkembangan anak usia 3-5 tahun di Posyandu Kamboja Dusun Kalongan Mlati. Saran: Kader Posyandu Kamboja diharapkan dapat melakukan koordinasi dengan Puskesmas Mlati II untuk diadakannya penyuluhan dan program Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) anak secara rutin. Kata Kunci : pengetahuan ibu, perilaku menstimulasi perkembangan anak Kepustakaan : 2 ayat Al Quran, 27 buku (2005-2012), 15 jurnal dan penelitian (2006-2014), 9 internet (2006-2012) Jumlah Halaman : i-xiv, 92 halaman, 2 gambar, 10 tabel