Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Keluarga Pasien di Poliklinik Jiwa RSJ Grhasia Yogyakarta

Main Author: Adiwinata, Adiwinata
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/187/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/187/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang :Komunikasi merupakan komponen yang penting dalam keperawatan sehingga perawat perlu menjaga hubungan kerjasama yang baik dengan pasien. Salah satu penyumbang faktor yang terbesar terjadinya ketidakpuasan keluarga pasien adalah masalah komunikasi yang dibangun sewaktu tenaga kesehatan menggali informasi dari pasien.Kepuasan keluarga pasien tergantung pada kualitas pelayanan.Salah satu pelayanan yaitu komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan dan kegiatannya dipusatkan untuk kesembuhan pasien. TujuanPenelitian :Mengetahui hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan keluarga pasien di Poliklinik Jiwa RSJ Grhasia Yogyakarta. MetodePenelitian :Penelitian ini merupakan penelitian Korelasi dengan rancangan cross sectional. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dengan sampel 92 responden yang memenuhi kriteria inklusi.Untuk menganalisis hubungan dua variable digunakan uji Rank Spearman. HasilPenelitian :Hasil penelitian diketahui bahwa didapatkan hasil uji statistik nilai p, 0,011 lebih kecil dari pada 0,05 (0,011 < 0,05) Kesimpulan : Ada hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan keluarga pasien di Poliklinik Jiwa RSJ Grhasia Yogyakarta. Saran :Bagi Perawat di Rumah Sakit Jiwa Grhasia Yogyakarta perawat harus terus melakukan komunikasi terapeutik secara berkelanjutan.