Komparasi Kecenderungan Perilaku Agresif pada Anak Usia Sekolah Berdasarkan Aktivitas Bermain Video Game di SD Kanisius Wirobrajan Yogyakarta

Main Author: Faridah, Yeny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1830/1/NASPUB.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1830/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Secara psikologis, anak yang agresif kurang memiliki kontrol diri dan sebenarnya memiliki ketrampilan sosial yang rendah, anak-anak ini memiliki kemampuan perspective taking yang rendah, empati terhadap orang lain yang tidak berkembang, dan salah mengartikan sinyal atau tanda-tanda sosial, mereka yakin bahwa agresi merupakan cara pemecahan masalah yang tepat dan efektif. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan kecenderungan perilaku agresif pada anak usia sekolah yang dilihat dari aktivitas bermain video game di SD Kanisius Wirobrajan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional dengan menggunakan Pendekatan waktu Cross Sectional study. Subyek penelitian adalah anak-anak sekolah dasar kelas V dan VI yang bersekolah di SD Kanisius Wirobrajan Yogyakarta. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik sampling jenuh. Jumlah subyek penelitian sebanyak 80 anak. Pengumpulan data dengan menggunakn kuesioner untuk kecenderungan perilaku agressif dan aktivitas bermain video game. Berdasarkan hasil uji statistik Mann-Whitney U-test menunjukkan ada perbedaan kecenderungan perilaku agresif yang bermakna pada anak yang bermain video game dan anak yang tidak bermain video game. Disarankan bagi otangtua dapat mengetahui tandatanda kecenderungan perilaku agresif pada anak dan bagi peneliti lain dapat mengembangkan penelitian ini dengan metode lain.