Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Kelas III dan VIP Terhadap Pelayanan Keperawatan di RSUD Wates Kulon Progo Tahun 2010

Main Author: Tukan, Ramdya Akbar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1784/1/NASPUB.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1784/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Pemerintah memiliki komitmen tinggi dibidang kesehatan. Hal tersebut terlihat jumlah anggaran yang dialokasikan tahun 2009 mencapai 27,4 Triliyun, atau sekitar 2,8% dari total APBN sebesar 1.037,1 Triliyun. Komitmen tersebut sesuai dengan Undang- Undang tentang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009, yang menugaskan kepada Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk menganggarkan dana layanan kesehatan minimal 5% dari APBN dan 10% dari APBD. Komitmen tersebut bertujuan agar masyarakat bisa merasakan kepuasan apabila memanfaatkan layanan kesehatan. Hal tersebut akan terwujud secara maksimal apabila diimbangi dengan kemampuan pelayanan keperawatan. Karena pelayanan keperawatan berinteraksi langsung dengan pengguna layanan kesehatan. Sehingga pelayanan keperawatan menjadi suatu prioritas dalam mewujudkan kepuasan pelayanan kesehatan. Namun kita sering melihat ada kesenjangan dalam pelayanan keperawatan antara pasien yang berekonomi lemah dengan pasien yang mapan dalam segi finansial. Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien pengguna kelas III dan VIP terhadap pelayanan keperawatan di RSUD Wates Kulon Progo. Metodologi: Penelitian survey dengan menggunakan metode observasional bersifat deskriptif eksploratif nonhipotesis. Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Wates Kulon Progo pada bulan Januari sampai dengan Februari 2010. Penelitian ini menggunakan sampel consecutive yaitu cara pengambilan sampel dengan memilih sampel yang memenuhi kriteria sampai jumlah sampel terpenuhi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan analisis gap dan menggunakan rumus modus, median, mean. Hasil Penelitian: Analisis gap diperoleh nilai negatif (<0), yaitu responden kelas III dengan nilai gap -7,66 dan responden VIP dengan nilai gap -3,97 sehingga mengalami ketidakpuasan. Sedangkan rumus modus, median, mean, didapatkan hasil bahwa responden kelas III kategori puas dengan kriteria nilai antara 55-43, dan VIP kategori sangat puas dengan kriteria nilai antara 68-56. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat kepuasan antara pasien kelas III dan VIP terhadap pelayanan keperawatan. Saran: Bagi perawat agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien.