Pengaruh Senam Otak Terhadap Tingkat Stres pada Anak Usia Sekolah Kelas 4 dan 5 di SD Negeri Wojo Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta

Main Author: Sari, Okta Fitriyana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1778/1/NASPUB.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1778/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Kehidupan sekolah menunjukkan angka stres yang meningkat setiap tahunnya. Senam otak dapat menyeimbangkan otak kanan dan kiri sehingga keseimbangan emosi akan tercapai. Senam otak dapat meningkatkan ketrampilan dan mengatasi kemampuan dalam belajar. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap tingkat stres pada anak usia sekolah. Metode Penelitian : Penelitian ini penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Quasy Experimental dengan rancangan penelitian Control Group pre-test – post-test. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling dan didapat 60 responden. Terbagi dalam 2 kelompok, 30 orang responden untuk kelompok perlakuan dan 30 orang responden untuk kelompok kontrol. Analisa data yang digunakan adalah Paired sample t-test dan Independent sample t-test. Hasil : Didapatkan penurunan nilai mean pada kelompok perlakuaan sebesar 9 point dengan nilai p=0,000 pada level p<0,05. Kelompok kontrol mengalami peningkatan nilai mean sebesar -9,4 point dengan nilai p=0,000 pada level p<0,05. Selisih antara pre dan post pada kelompok perlakuan dan kontrol mendapatkan hasil yang signifikan dengan nilai 0,000 pada level <0,05. Kesimpulan : Terdapat pengaruh senam otak terhadap tingkat stres anak usia sekolah kelas 4 dan 5 di SD Negeri Wojo Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta Saran : Senam otak agar selalu diberikan pada anak sekolah karena dapat mendorong keseimbangan aktivitas kedua belahan otak secara bersamaan sehingga potensi yang dimiliki kedua belahan otak seimbang dan kecerdasan anak pun menjadi maksimal serta koping individu menjadi lebih baik.