Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Pra Sekolah di TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta Tahun 2010
Main Author: | Nelly, Nelly |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1771/1/NASPUB.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1771/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- Latar belakang : Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap anak akan membentuk kepribadian dan kepercayaan diri pada anak, akan tetapi bagi orang tua yang suka membentak anaknya akan membuat anak takut. Anak akan cenderung penakut, tidak mempunyai rasa percaya diri seperti suka melamun, kelakuan tidak baik, gagap, ngompol, malas, menyendiri, pengecut dan sebagainya. Apabila hal ini tidak segera di atasi maka anak akan mengalami kesulitan pada perkembangan dewasa kelak, anak akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya . Tujuan : Mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan pembentukan kepercayaan diri anak prasekolah. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian noneksperimen melalui pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan 34 responden anak usia 3-6 tahun beserta orang tuanya di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. Penelitian dalam data yang menyangkut varibel bebas dan variabel terikat dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Hasil : Berdasarkan analisis data kendall tau, didapatkan nilai τ=0,311 dan nilai p=0,013 serta menggunakan taraf kesalahan 5%. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai p lebih kecil dari pada 0,05% (0,013<0,05). Kesimpulan : Ada hubungan pola asuh orang tua dengan pembentukan kepercayaan diri anak prasekolah di TK ‘‘Aisyiyah Bustanul Athfal Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. Saran : Bagi peneliti selanjutnya dapat dilakukan dengan menambah metode observasi dan wawancara mendalam kepada responden, karena dalam penelitian ini hanya mencari hubungan pola asuh orang tua dengan pembentukan kepercayaan diri anak prasekolah tanpa memperdalam faktor-faktor lain yang mempengaruhi pola asuh orang tua maupun pembentukan kepercayaan diri anak prasekolah.