PENGARUH PENYULUHAN DISMENORRHEA TERHADAP PERILAKU MENGATASI DISMENORRHEA PADA SISWI KELAS VIII MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

Main Author: Hardianti, Hayu Listiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1741/1/NASPUB.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1741/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Saat terjadi menstruasi, sejumlah wanita mengalami beberapa gejala baik itu fisik, psikologis maupun perilaku yang disebut dengan dismenorrhea. Di MTs Negeri Ngemplak dari 20 siswi terdapat 14 siswi (70%) mengalami dismenorrhea. Dampak apabila gangguan menstruasi ini tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan suatu kondisi yang memprihatinkan. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dismenorrhea terhadap perilaku mengatasi dismenorrhea pada siswi kelas VIII MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta tahun 2010. Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Non-Equivalent Control Group. Populasi penelitian adalah seluruh siswi kelas VIII dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Waktu: Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 Oktober 2009 sampai 30 Juli 2010. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 64 siswi dimana 31 siswi sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswi sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tentang perilaku mengatasi dismenorrhea. Teknik analisis untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Hasil penelitian: Menunjukkan perilaku mengatasi dismenorrhea pada pretest kelompok eksperimen dalam kategori kurang yaitu 87,1% dan kelompok kontrol juga dalam kategori kurang yaitu 87,1%. Hasil postest pada kelompok eksperimen dalam kategori baik yaitu 61,29% dan dalam kategori cukup yaitu 29,03%. Hasil postest pada kelompok kontrol dalam kategori kurang 90,3%. Hasil uji t didapat nilai t hitung 8,108 dengan signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan nilai signifikansi < 0,05. Kesimpulan: Ada pengaruh positif penyuluhan dismenorrhea terhadap perilaku mengatasi dismenorrhea pada siswi kelas VIII MTs Negeri Ngemplak tahun 2010. Saran: Lebih meningkatkan pengetahuan responden tentang dismenorrhea sehingga mampu mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan dismenorrhea.