Pengaruh Pendidikan Kesehatan oleh Peer Educator terhadap PHBS pada Anak Kelas V SD N 2 di Jambidan Banguntapan Bantul Yogyakarta

Main Author: Lestari, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/166/1/naskah%20publikasi.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/166/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang Penelitian : Kurangnya perilaku hidup bersih dan sehat dapat membuat anak-anak lebih rentang tertular penyakit seperti sakit perut dan dapat menyebabkan absen dari sekolah. Ide peer education adalah bahwa teman sebaya memiliki posisi terbaik untuk mendorong perilaku hidup bersih dan sehat satu sama lain. Tujuan Penelitian : Penelitian mengidentifikasi pengaruh pendidikan kesehatan oleh peer educator terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak Kelas V SD Negeri 2 Jambidan Banguntapan Bantul. Metode Penelitian : Metode penelitian pre eksperimen dengan pendekatan one group pre-test post-test design. Responden penelitian terdiri dari 15 anak dan diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan diuji dengan teknik uji Wilcoxon. Hasil Penelitian : Sebagian besar responden memiliki perilaku hidup bersih dan sehat yang baik pada saat pretest, Seluruh responden memiliki perilaku hidup bersih dan sehat yang baik pada saat posttest, Analisis Wilcoxon menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi diperoleh nilai sehingga . Simpulan dan Saran : Ada pengaruh signifikan pengaruh pendidikan kesehatan oleh peer educator terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak Kelas V SD Negeri 2 Jambidan Banguntapan Bantul. Hasil penelitian ini menyarankan kepada Sekolah SD Negeri 2 Jambidan Banguntapan Bantul untuk meningkatkan fasilitas penunjang perilaku hidup bersih dan sehat.