Hubungan Pemanfaatan Internet dengan Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2010
Main Author: | Rahmana, Fatma Richa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1651/1/PDF%20NASKAH%20PUBLIKASI%20ICHA.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1651/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi informasi (TI) yang sangat cepat membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Pada dasarnya pendidikan sangat erat kaitannya dengan informasi dan komunikasi. Berdasarkan survey pendahuluan yang dilakukan terhadap sepuluh orang mahasiswi kebidanan, sebanyak 60 % (enam) orang mahasiswi kebidanan, mahasiswi tersebut mengaku kalau penggunaan internet yang dilakukannya lebih digunakan untuk mendapatkan informasi, nilai IP yang didapatkannya cukup baik dimana diperoleh data bahwa dua orang mahasiswi dengan nilai 3, 15, tiga orang dengan3, 32 dan satu orang dengan nilai 3,51. Sedangkan 40 % (empat) orang mahasiswi kebidanan mengaku kalau penggunaan internetnya mencapai 4 – 5 jam dalam sehari dan penggunaannya lebih digunakan untuk hiburan semata. Dan dari keempat mahasiswi tersebut diperoleh data dengan tiga orang dengan IP 2,75, dan satu orang mahasiswi dengan nilai 3,02. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Adakah hubungan yang signifikan antara pemanfaatan internet dengan prestasi belajar mahasiswa DIII kebidanan Tingkat II stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian ini mengunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional Sampel diambil dengan menggunakan rumus Notoadmodjo diperoleh sampel sebanyak 139 responden dimana untuk pengambilan sampel dengan tehnik proportional sampling yaitu diperoleh sampel sebanyak 46 responden dikelas A dan B dan 47 responden di kelas C. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan pada tanggal 19 sampai dengan 26 juni 2010. Analisa data dilakukan dengan uji statistik Kendall Tau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan internet mahasiswa adalah baik yaitu(49,6%), prestasi belajar mahasiswa adalah cukup baik yaitu(81,3%). Dan ada hubungan antara pemanfaatan internet dengan prestasi belajar yaitu sebesar 0,394, hal ini menunjukkan bahwa semakin baik pemanfaatan internet maka prestasi belajarnya akan semakin baik pula. Saran bagi Program studi DIII Kebidanan Diharapkan Penelitian ini dapat meningkatkan proses pembelajaran di program studi DIII Kebidanan Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta.