Persepsi Mahasiswa DIV Bidan Pendidik tentang Pendekatan Pembelajaran Tutorial pada Mata Kuliah Kegawatdaruratan dalam Kebidanan di STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta
Main Author: | Maliana A.s., Andesia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1633/1/ANDESIA%20MALIANA%20AS_090104061_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1633/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- Keberadaan tenaga kebidanan yang berlatar belakang Diploma IV mempunyai peranan yang besar, dengan adanya pembelajaran tutorial pada mahasiswa DIV bidan pendidik untuk dapat mendewasakan dalam berfikir kritis terutama pada mata kuliah kegawatdaruratan dalam kebidanan. Untuk dapat menghasilkan lulusan DIII bidan yang berkompeten sehingga sangat diharapkan tenaga diploma bidan dapat menjadi bidan pendidik yang professional dengan menguasai teori serta praktek yang berhubungan dengan kebidanan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa DIV bidan pendidik tentang pendekatan pembelajaran tutorial pada mata kuliah kegawatdaruratan dalam kebidanan di STIKES `Aisyiyah Yogyakarta. Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif phenomenaligic, dengan metode pengambilan sampel Snowball Sampling dan pengambilan data dengan Indeep Interview. Tujuh orang mahasiswa DIV bidan pendidik sebagai responden dalam in-deep interview dan analisa data dilakukan secara deskriptif analitis. Hasil penelitian dan analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa DIV bidan pendidik tentang pendekatan pembelajaran tutorial pada mata kuliah kegawatdaruratan ditemukan bahwa terdapat persepsi positif yaitu pembelajaran tutorial dapat mengembangkan potensi mahasiswa, menerapkan pembelajaran mandiri pada mahasiswa. Persepsi negatife bahwa jam belajar yang tidak tepat, adanya perbedaan persepsi antar fasilitator. Selain itu mahasiswa menegaskan bahwa pembelajaran tutorial dapat memanfaatkan media belajar dan sumber belajar yang ada, serta pembelajaran tutorial ini merupakan pemilihan metode yang tepat pada mata kuliah kegawatdaruratan.