Penerapan Kurikulum Kesehatan Reproduksi dan Perilaku Kesehatan Reproduksi Remaja pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Galur Kulon Progo Yogyakarta Tahun 2011

Main Author: Hidayati, Ririn Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1606/1/Naskah%20Publikasi....pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1606/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Indikator dari mutu pendidikan adalah hasil belajar. Hasil belajar merupakan gambaran dari tingkat ketercapaian tujuan dan penguasaan atas isi dari apa yang dipelajari. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), pada pasal 58 ayat 1 menyebutkan bahwa penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan bahwa 92% mahasiswa mendapatkan nilai C untuk mata kuliah asuhan kebidanan kehamilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan mengikuti pembelajaran tutorial dengan hasil belajar asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa program studi DIV bidan pendidik STIKES ‘Aisyiyah Yogyakata. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian observasional korelasi dengan pendekatan waktu retrospektif. Subjek penelitian adalah mahasiswa DIV Bidan Pendidik program reguler. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah responden 111 orang. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioner. Analisa data menggunakan Kendal Tau. Hasil penelitian didapatkan bahwa 63,9% merasa sangat puas dengan pembelajaran tutorial. Hasil belajar responden didapatkan bahwa 99,1% mendapatkan nilai memuaskan, dan ada hubungan yang bermakna antara tingkat kepuasan mengikuti pembelajaran tutorial dengan hasil belajar asuhan kebidanan kehamilan. Saran bagi Hasil penelitian ini agar dapat dijadikan masukan bagi institusi untuk selalu mengembangkan dan meningkatkan sistem dan strategi pembelajaran kepada mahasiswanya sehingga mahasiswa bisa mengikuti pembelajaran dengan menyenangkan sehingga mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.