Hubungan Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dengan Prestasi Belajar Mahasiswa DIV Bidan Pendidik Regular Semester I di Stikes 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2010/2011

Main Author: Kusumawardani, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1571/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1571/
Daftar Isi:
  • tujuan: mengetahui hubungan pernerapan model pembelajaran SCL dengan prestasi belajar mahasiswa DIV Bidan Pendidik reguler semester I di STIKES 'Aisyiyah Yogyakrta. metode yang digunakan korelasional dengan pendekatan waktu retrospektive. pengumpulan data menggunakan data sekunder prestasi belajar mahasiswa dan kuesioner. sampel sebanyak 107 responden. teknik analisis data menggunakan produck moment. hasil: Penerapan model pembelajaran berkategori baik sebanyak 61 responden (57%), sedangkan prestasi belajar mahasiswa DIV Bidan Pendidik reguler semester I sebagian besar berprestasi memuaskan yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 2,55. jenis metode pembelajaran yang paling banyak diterapkan oleh dosen DIV Bidan Pendidik reguler semester I yaitu metode diskusi , diterapkan oleh 26 dosen. hasil uji r=0,275 dan p value =0,002 ada hungan antara penerapan model pembelajaran SCL dengan prestasi belajar mahasiswa yang di tunjukkan dengan nilai rsebesar0,275 dengan tingkat keeratan hubungan antar variabel adalah rendah