Hubungan Pemanfaatan Fasilitas Internet dengan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar pada Mahasiswa DIII Kebidanan Semester IV di Asrama STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2011

Main Author: Zuhro, Aminatuz
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1560/1/Jurnal%20Skripsi.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1560/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemanfaatan fasilitas internet dengan motivasi belajar dan prestasi belajar pada mahasiswa DIII Kebidanan Semester IV di asrama STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta tahun 2011. metode: non-eksperiment dengan pendekatan cross-sectional sampel berjumlah 32 responden. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya serta analisis data menggunakan uji statistik non parametrik kendall tau. Hasil: menunjukkan pemanfaatan internet dalam kategori cukup baik yaitu 25 responden (78,1%), motivasi belajar dalam kategori sedang yaitu sebanyak 25 responden (78,1%). sedangkan prestasi belajar dalam kategori cukup baik yaitu sebanyak 28 responden (87,5%). hasil uji statistik dari nilai τ=0,571 dan taraf signifikan p=0,001 pada korelasi antara pemanfaatan internet antara pemanfaatan internet dengan prestasi belajar, dan nilai τ=0,541 dan taraf signifikan p=0,001 pada korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dengan taraf kesalahan 5% menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan fasilitas internet dengan motivasi belajar dan prestasi belajar.