Hubungan Pelaksanaan Metode Tutorial dengan Pencapaian Nilai Tutorial Asuhan Kebidanan I Prodi D IV Bidan Pendidik STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012

Main Author: Apriliawati, Tri Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1545/1/NASKAH%20PUBLIKASI_TRI%20WAHYU%20APRILAWATI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1545/
Daftar Isi:
  • Latar belakang : Pencapaian nilai tutorial asuhan kebidanan kehamilan sedikit banyak dipengaruhi oleh pelaksanaan metode tutorial, dimana pelaksanaan metode tutorial akan mempengaruhi motivasi mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran tutorial Tujuan : Untuk mengetahui Hubungan Pelaksanaan Metode Tutorial Dengan Pencapaian Nilai Tutorial Asuhan Kebidanan I Prodi D IV Bidan Pendidik Stikes Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012. Metode : Jenis Penelitian ini adalah kolerasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian adalah mahasiswa regular D IV bidan pendidik pesemester IV stikes aisyiyah yogyakarta . Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 43orang.Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa univariate (analisis frekuensi) dan analisis bivariat (Kendal tau) untuk menguji hipotesis. Hasil Penelitian : Pelaksanaan metode tutorial Asuhan Kebidanan I Prodi D IV Bidan Pendidik Stikes Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012 sudah berjalan dengan baik yaitu 22 orang (51,2%).Pencapaian nilai tutorial Asuhan Kebidanan I Prodi D IV Bidan Pendidik Stikes Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012 kategori memuaskan yaitu 23 orang (53,5%). Terdapat hubungan yang signfikan pelaksanaan metode tutorial dengan pencapaian nilai tutorial asuhan kebidanan I Prodi D IV Bidan Pendidik Stikes Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012. Kesimpulan dan Saran: Terdapat hubungan yang signfikan pelaksanaan metode tutorial dengan pencapaian nilai tutorial asuhan kebidanan I Prodi D IV Bidan Pendidik Stikes Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012, Saran : Sebagai bahan pertimbangan bagi mahasiswa oleh karena itu mahasiswa yang bersangkutan agar lebih meningkatkan usahanya dalam memperbaiki nilainya dengan cara lebih aktif dalam pelaksanaan metode tutorial.