Hubungan Kepuasan Student Center Learning dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Aanvulen Prodi DIV Kebidanan STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta 2012
Main Author: | Listyaningrum, Tri Hapsari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1543/1/NASKAH%20PUBLIKASI%20IUM.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1543/ |
Daftar Isi:
- Motivasi adalah kekuatan yang menggerakkan seseorang untuk bertingkah laku tertentu, perasaan mendukung atau memihak (favorebel) maupun perasaan tidak mendukung atau tidak memihak (unfavorebel) pada objek tersebut. Salah satu faktor pembentukan motivasi adalah kepuasan. Puas diartikan perbedaan antara harapan (expectations) dan kinerja yang dirasakan (perceived performance). Penelitian hubungan kepuasan student center learning dengan motivasi belajar mahasiswa aanvulen Prodi DIV Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta 2012 bertujuan diketahuinya tingkat kepuasan student center learning mahasiswa semester II aanvulent dengan motivasi belajar serta hubungan antar kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta pada bulan Juni 2012, dengan responden 115 orang, mahasiswa semester II Prodi DIV Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey analitik dengan pendekatan waktu cross seksional. Teknik sempling dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner. Uji Statistik yang digunakan korelasi Kendall Tau. Hasil penelitian yang diperoleh hubungan antara kepuasan student center learning dengan motivasi belajar sebesar 0,220 dengan tingkat signifikan 5% sehingga Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kepuasan student center learning dengan motivasi belajar mahasiswa aanvulen Prodi DIV Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta 2012. Diharapkan pada pembelajaran teori ditingkatkan lagi untuk strategi dan metode pembelajarannya.