Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care dengan Kepuasan Ibu Hamil terhadap Pelayanan ANC di BPRB Fitri Griya Husada Sewon Bantul

Main Author: Wulansari, Sulistyowati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1537/1/NASKAH%20PUBLIKASI_SULISTYOWATI%20WULANSARI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1537/
Daftar Isi:
  • Pelayanan antenatal care merupakan pelayanan yang sangat penting. Pelayanan ini diberikan kepada ibu selama masa kehamilan agar kehamilannya sehat sampai melahirkan bayi yang sehat pula, sehingga pada akhirnya dapat menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Pelayanan kesehatan disebut bermutu apabila pelayanan kesehatan yang diberikan dapat memberikan kepuasan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan serta penyelenggaraannya sesuai dengan standar pelayanan profesi dan kode etik yang telah ditetapkan yaitu sesuai dengan standar pelayanan ANC 7T. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care dengan Kepuasan Kunjungan Ibu Hamil terhadap pelayanan ANC di BPRB Fitri Griya Husada Sewon Bantul Tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional, populasinya adalah seluruh ibu hamil yang berkunjung untuk memperoleh pelayanan antenatal di BPRB Fitri Griya Husada Sewon Bantul Yogyakarta pada bulan Desember tahun 2011, Januari dan Februari tahun 2012 yaitu sebanyak 155 orang. dengan menyebarkan kuisioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Pengambilan responden menggunakan teknik purposive sampling dan uji statistik Kendall Tau. Hasil penelitian menunjukan Kualitas pelayanan ANC adalah baik sebanyak 27 orang (55%). Tingkat kepuasan pasien adalah puas sebanyak 55%. Ada hubungan antara kualitas terhadap kepuasan dengan p = 0,000 (?<0,05). Disarankan untuk ibu agar meningkatkan kunjungan ANC untuk melakukan deteksi dini terhadap kelainan-kelainan yang terjadi ada kehamilannya.