Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar Mahasiswi DIV Reguler Bidan Pendidik Semester IV STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012

Main Author: Fijriyah, Saumi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1532/1/NASKAH%20PUBLIKASI_SAUMI%20FIJRIYAH.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1532/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar belakang : Salah satu pembentuk prestasi belajar adalah kecerdasan emosional. Di STIKes 'Aisyiyah Yogyakarta dari 40 mahasiswa terdapat 23 mahasiswa beranggapan kecerdasan emosional lebih penting. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswi DIV reguler bidan pendidik semester IV STIKes „Aisyiyah Yogyakarta tahun 2012. Metode : Penelitian ini menggunakan metode non experiment, rancangan diskriptif korelasi dengan pendekatan waktu retrospektif. Pengumpulan data kecerdasan emosi dengan menggunakan kuesioner, dan data tentang prestasi belajar dengan indeks prestasi komulatif mahasiswa. Teknik analisa data untuk menguji hipotesa menggunakan uji spearman rank diteruskan dengan uji t, dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah responden 58.. Waktu : Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari sampai Agustus 2012. Hasil Penelitian : Menunjukkan bahwa dari 58 responden kecerdasan emosi rendah sebanyak 6 orang memiliki prestasi belajar rendah 3 orang (50%) dan sedang 3 orang (50%). kecerdasan emosional sedang sebanyak 45 orang kencederungan prestasi belajar sedang (91,1%), dan kecerdasan emosional yang tinggi sebanyak 7 orang memiliki kecenderungan prestasi belajar sedang 6 orang (85,7%). Dilakukan uji signifikasi dengan spearman rank, diperoleh nilai signifikansi 0,019, dengan nilai rho hitung sebesar 0,307. Yang dilanjut menggunakan uji t diketahui hasil t hitung sebesara 2,414. berdasarkan t tabel dengan df=56 (N-2) sebesar 2,003 maka t hitung >t tabel (2,414>2,003) dan nilai p<0,05 (0,019<0,05) Kesimpulan dan Saran : Ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar mahasiswa DIV reluler bidan pendidik semester IV STIKes 'Aisyiyah Yogyakarta 2012. Penulis menyarankan kepada mahasiswa untuk meningkatkan pengendalian kecerdasan emosional untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.