Stres dan Coping dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah pada Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta

Main Author: Anggraeni, Reni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1525/1/NASKAH%20PUBLIKASI_RENI%20ANGGRAENI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1525/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI) adalah kegiatan belajar mengajar yang memberi kesempatan kepada mahasiswa dalam mengungkapkan penalaran secara komprehensif melalui tulisan sesuai dengan ruang lingkup dan tanggung jawab profesinya. Kesulitan dalam menyusun Karya Tulis Ilmiah, dan konsentrasi yang banyak dicurahkan untuk kegiatan tersebut terkadang membuat kondisi menjadi stress. Stress merupakan bagian dari kehidupan manusia yang disebabkan oleh perubahan yang memerlukan penyesuaian, sehingga tidak perlu ditakuti dan dihindari tetapi perlu dipelajari cara-cara penanganannya (coping). Tujuan Penelitian: Diketahuinya stress dan coping dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah pada mahasiswa D III Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang. Hasil Penelitian: Sumber stress mahasiswa berasal dari kemampuan diri, dosen pembimbing, materi pustaka, responden dan waktu. Tingkat stress mahasiswa bervariasi berada pada tahap 1, 2, 3 dan 4. Ideal diri mahasiswa positif yaitu mahasiswa masih mempunyai cita-cita dan harapan terhadap masa depan. Coping atau cara untuk menyelesaikan stress yang dialami mahasiswa dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI) berbeda-beda setiap partisipan.