Hubungan Kualitas Metode Pembelajaran Teori dengan Hasil Belajar Keterampilan Dasar Praktik Kebidanan di STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun Akademik 2011/2012
Main Author: | Fauziah, Eva |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1518/1/Naskah%20Publikasi.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1518/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- Kurikulum Pendidikan DIII Kebidanan disusun melalui proses pemahaman dasar kesehatan dan kompetensi bidan. Salah satu mata kuliah yang memenuhi kualifikasi bidan professional adalah KDPK. Hasil ujian mata kuliah KDPK merupakan syarat untuk melanjutkan ke semester berikutnya. Mutu pendidikan yang baik, akan berpengaruh pada sumber daya manusia yang baik pula. Penelitian ini adalah penelitian analitik korelasi dengan pendekatan retrospektif. Subjek penelitian adalah semua mahasiswa D III Kebidanan semester II di STIKES „Aisyiyah Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner tertutup. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan sampel sebanyak 144 responden. Analisis data menggunakan uji Spearman Rho (?). Kualitas metode pembelajaran teori di STIKES „Aisyiyah adalah cukup baik sebanyak (56,3%) dan hasil belajar KDPK responden sebanyak (56,3%) adalah baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas metode pembelajaran teori dengan hasil belajar KDPK di STIKES „Aisyiyah Yogyakarta (?= 0,195). Saran untuk STIKES „Aisyiyah Yogyakarta supaya lebih meningkatkan metode pembelajaran yang digunakan beserta fasilitas-fasilitas pendukungnya.