Hubungan Pemanfaatan e-Learning dengan Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Semester IV STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012
Main Author: | Anifah, Noor Rukhayatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1495/1/NASKAH%20PUBLIKASI_NOOR%20RUKHAYATUN%20ANIFAH.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1495/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- Prestasi selalu dihubungkan dengan pelaksanaan suatu kegiatan atau aktivitas. Upaya – upaya peningkatan prestasi belajar mahasiswa senantiasa terus dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi, pada setiap faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Dengan dibantu teknologi informasi, peningkatan kualitas pendidikan dan pengetahuan dapat diatasi dengan e-learning. Meskipun telah disadari e-learning dapat membantu peningkatan kualitas pendidikan dan pengetahuan, saat ini pemanfaatannya belum sepenuhnya diterapkan di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemanfaatan elearning dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Kebidanan DIII STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012. Penelitian ini adalah penelitian survey korelasi dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah semua mahasiswa D III Kebidanan semester IV di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel sebanyak 144 responden. Analisis data menggunakan uji Kendall Tau ( ). Pemanfaatan e-learning di STIKES ‘Aisyiyah adalah kurang baik sebanyak (50,0%) dan prestasi belajar responden sebanyak (79,9%) adalah sangat memuaskan. Terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan e-learning dengan prestasi belajar di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta ( = 0,151). Saran untuk dosen STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta agar dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam upaya meningkatkan kualitas kegiatan dan pemanfaatan fasilitas e-learning pada proses pembelajaran mahasiswa, dan perlu adanya evaluasi mengenai prestasi mahasiswa sehingga prodi dapat mengetahui perkembangan hasil belajar mahasiswa, serta memberi arahan atau motivasi untuk terus semangat belajar.