Pengaruh Penyuluhan Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Terhadap sikap Remaja Putri Di SMA Islam 1 Gamping Yogyakarta Tahun 2012
Main Author: | Alfiksa, Annisa Eka Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1474/1/NASKAH%20PUBLIKASI_ANNISA%20EKA%20NUR%20ALFIKA.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1474/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Menurut Harvey, dkk (2011) perilaku SADARI dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker payudara, olehkarena itu penyuluhan tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) sangat penting untuk remaja karena diharapkan dengan diberikannya penyuluhan tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) akan meningkatkan pengetahuan dan juga kemampuan untuk melakukan SADARI guna mencegah terjadinya kanker payudara. Hal ini dibuktikan melalui penelitian maharani (2010) bahwa Pendidikan Kesehatan Tentang Sadari mempengaruhi pengetahuan dan sikap tentang sadari terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dalam upaya deteksi dini kanker payudara di SMK Bisnis Manajemen Administrasi Perkantoran Bina Satria Medan Tahun 2010 (p<0,05). Tujuan : Diketahuinya pengaruh penyuluhan tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) terhadap sikap remaja putri di SMA Islam 1 Gamping Yogyakarta tahun 2012. Metode Penelitian : Desain penelitian adalah pre- eksperimen dengan One Group Pretest Posttest Design dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi remaja putri kelas X dan XI yang berjumlah 86 siswi, dengan teknik sampling jenuh. Hasil Penelitian : Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan penyuluhan tentang SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) terhadap sikap remaja putri di SMA Islam 1 Gamping Yogyakarta tahun 2012, t hitung > t tabel (9,476 > 1,988). Kesimpulan : Sikap remaja putri di SMA Islam 1 Gamping Yogyakarta tahun 2012 setelah dilakukan penyuluhan tentang SADARI didapatkan dengan hasil kategori baik (59,3%). Saran : Hasil penelitian ini perlu dikembangkan kembali dengan mencari faktorfaktor yang dapat mempengaruhi sikap SADARI, perilaku SADARI, dan faktor keberhasilan penyuluhan, serta mencari metode yang tepat untuk mentransformasi materi tentang SADARI.