Hubungan Motivasi dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Bidan Pendidik Jenjang D IV Reguler Semester I STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2013

Main Author: Widyasari, Uray
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1438/1/NASKAH%20PUBLIKASI%20URAYWIDYASARI-1.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1438/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Tinggi rendahnya prestasi belajar peserta didik banyak dipengaruhi oleh faktor- faktor lain, baik faktor dari luar maupun faktor dari dalam diri peserta didik. Motivasi dan minat belajar merupakan salah satu faktor internal yang dimiliki siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran sangat berperan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran tertentu. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan Motivasi dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Bidan Pendidik Jenjang DIV Reguler Semester I STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2013. Desain penelitian yang digunakan adalah untuk mengetahui korelasi desain ini akan memberikan gambaran dari pertanyaan penelitian dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan sejumlah 106 orang Mahasiswa Bidan Pendidik Jalur Reguler Semester I STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2013. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilita. Analisa data menggunakan uji statistik Kendall tau. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di dapatkan hasil bahwa ada hubungan Motivasi dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Bidan Pendidik Jenjang DIV Reguler Semester I STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2013 dengan nilai p= 0,000 (p<0,05), hasil uji statistik nilai r = o,398. Motivasi belajar mahasiswa DIV bidan pendidik regular di STIKES ‘Aisyiyah adalah tinggi yaitu sebesar 71,1%, Minat belajar yang dimiliki mahasiswa di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta adalah tinggi yaitu sebesar 65,1%, Prestasi belajar mahasiswa DIV bidan pendidik regular di STIKES ‘Aisyiyah adalah sangat memuaskan yaitu sebesar 86,8%. Saran dari peneliti yaitu agar dapat mengarahkan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti pendidikan dengan cara menyelksi mahasiswa yang benar benar berminat dan memiliki motivasi yang kuat untuk menjadi bidan pendidik pada saat penerimaan mahasiswa baru.