Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Temon 1 Kulon Progo Yogyakarta

Main Author: Rachmania, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/143/1/Nurul%20Rachmania-naskah%20publikasi-Perawat-2015-%20%282%29.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/143/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Mutu pelayanan kesehatan erat hubungannya dengan kepuasan pelanggan oleh karena itu semakin baik mutu pelayanan semakin puas pula pelanggan begitu juga sebaliknya. Jika kebutuhan konsumen terpenuhi maka konsumen dalam hal ini pasien akan merasa puas dan kembali menggunakan pelayanan kesehatan yang disediakan. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Temon I Kulon Progo Yogyakarta. Metode Penelelitian: Desain penelitian ini adalah deskriptif asosiatif menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 102 pasien dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling yaitu 81 pasien. Analisis data menggunakan rumus Kendall Tau. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengatakan bahwa mutu pelayanan kesehatan dalam kategori baik yaitu sebanyak 73 orang (90,1%) dan kepuasan pasien juga dalam kategori puas yaitu sebanyak 70 orang (86,4%). Hasil uji statistik Kendall Tau yaitu nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,381 dengan taraf signifikasi 0,000<0 ( < 0,05) ada hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Temon 1 Kulon Progo Yogyakarta. Kesimpulan: Ada hubungan antara Mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Temon I Kulon Progo Yogyakarta dengan keeratan hubungan rendah. Saran: Bagi tenaga kesehatan di ruang rawat inap Puskesmas Temon 1 sebaiknya menjelaskan tentang penyakit serta obat yang diberikan pada pasien, agar pelayanan kesehatan sesuai dengan harapan pasien.