Pengaruh Penggunaan Metode Tutorial terhadap Keaktifan Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan pada Askeb I di AKBID Nyai Ahmad Dahlan Yogyakarta Tahun 2013

Main Author: Flores, Stefi Fivtri Lestari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1420/1/SKRIPSI%20STEVI%20FIVTRI%20LESTARI%20DE%20FLORES.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1420/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Salah satu bentuk proses pembelajaran dengan sistem kurikulum berbasis kompetensi adalah menggunakan metode tutorial. peran pembelajaran mahasiswa pada hakekatnya dalam tutorial adalah suatu proses diskusi kelompok yang memerlukan ketrampilan manajemen. keberhasilan dari diskusi tutorial akan sangat dipengaruhi oleh tahapan struktur yang harus dijalani oleh mahasiswa yang disebut dengan seven jump methode. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode tutorial (seven jump) terhadap keaktifan belajar mahasiswa semester II D-III Kebidanan pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Nyai Ahmad Dahlan Yogyakarta tahun 2013. penelitian ini menggunakan quasi Eksperiment Design. Menggunakan rancangan non equivalen Control group design. sampel berjumlah 37 orang dengan pembagian 15 sampel sebagai kelompok eksperiment dan 22 sampel sebagai kelompok kontrol. analisa data menggunakan distribusi frekuensi dan analisa bivariat menggunakan uji statistik wilcoxom match paired test. kesimpulan tidak ada peningkatan yang signifikan keaktifan belajar mahasiswa semester II D-III Kebidanan pada mata kuliah Asuhan Kebidanan I pre dan post test pada kelompok Kontrol p=0,928>0,05. Selisih sebelum dan sesudah dilakukan intervensi adalah 0,04