Hubungan Antara Stresor Psikososial dengan Prestasi Belajar Mahasiswa DIV Bidan Pendidik Aanvulen Stikes 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2013

Main Author: Septiwiyarsi, Septiwiyarsi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1400/1/Naskah%20Publikasi%20Septiwiyarsi.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1400/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Prestasi belajar merupakan cerminan usaha yang dilakukan siswa atau mahasiswa dalam menyelesaikan tugas belajar yang diberikan kepadanya. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui hubungan antara stresor psikososial dengan prestasi belajar mahasiswa DIV Bidan Pendidik Aanvulen STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta tahun 2013. Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa DIV Bidan Pendidik Aanvulen STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan systematic random sampling, dan didapatkan responden sejumlah 46 mahasiswa. Analisis data dengan menggunakan distribusi frekuensi dan analisa bivariat menggunakan korelasi kendall tau. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil terdapat hubungan yang signifikan antara stresor psikososial dengan prestasi belajar mahasiswa DIV Bidan Pendidik STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari nilai r hitung sebesar 0,399 dengan signifikansi sebesar 0,018 (p<0,05). Penulis menyarankan kepada mahasiswa agar dapat menerapkan pengetahuan yang dimilikinya untuk dapat mengelola stres yang dialami sehingga tidak mengganggu aktivitas belajar untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.