Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar KDPK I pada Mahasiswa Prodi D IV Bidan Pendidik Reguler STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012/2013
Main Author: | Nurfita, Nisa Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1332/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1332/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah gaya belajar. gaya belajar merupakan cara cenderung dipilih seseorang untuk menerima dan memproses informasi dari lingkungan. berdasarkan studi pendahuluan di prodi D IV Bidan pendidik di STIKES Aisyiyah Yogyakarta prestasi belajar mata kuliah ketrampilan dasar praktik klinik (KDPK) 1 tahun ajaran 2012/2013 mengalami penurunan pesat dari jumlah 143 mahasiswa diketahui sebanyak 106 mahasiswa (74,1%) memiliki nilai dibawah B sehingga perlu melakukan perbaikan nilai. Penelitian ini tujuan mengetahui hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar KDPK 1 pada mahasiswa Prodi D-IV Bidan Pendidik reguler STIKES Aisyiyah Yogyakarta. metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan waktu cross Sectional, pengambilan sampel dengan purposive di dapatkan jumlah sampel sebanyak 109 responden dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan Chi Square dan Coefficent Contingency. hasil: gaya belajar visual sebanyak 43 orang (39,4%) dan sebagian besar KDPK 1 adalah cukup sebanyak 75 orang (68,8%). hasil perhitungan dengan chi Square diperoleh ɤ2hitung =64,449, p value =0,000<0,05 dan nilai coefficent contingency sebesar 0,610. kesimpulan ada hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar KDPK 1 pada mahasiswa Prodi D-IV Bidan Pendidik reguler STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta tahun 2012/2013 dengan tingkat keeratan gaya belajar terhadap prestasi belajar adalah kuat