Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelulusan Ujian OSCA Keterampilan Persalian Kala Tiga Mahasiswa Diploma III Kebidanan Semester III STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta
Main Author: | Sabrina, Mutia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1314/1/naskah%20publikasi%20Mutia%20Sabrina.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1314/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- Objective Structured Clinical Assesment (OSCA) merupakan metode yang digunakan untuk ketrampilan mahasiswa dalam waktu yang relatif singkat. penelitian dilakukan di stikes 'Aisyiyah Yogyakarta yang menerapkan ujian akhir praktikum dengan metode OSCA dimana hasil kelulusan ujian OSCAmahasiswa untuk ketrampilan persalinan kala tiga sangat rendah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kelulusan ujian OSCA ketrampilan persalinan kala tiga. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik menggunakan pendekatan waktu Longitudinal Retrospektif. penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2013. populasi penelitian adalah mahasiswa D III Kebidanan semester IV yang saat ujian OSCA Semester III mendapat ketrampilan persalinan kala tiga yang berjumlah 47 mahasiswa, dan teknik penentuan sampel yang digunakan dengan total sampling. pengambilan data menggunakan kuesioner dan data sekunder. data dianalisa menggunakan distribusi frekuensi, chi square dan regresi logistik. hasil analisis bivariat diperoleh bahwa tingkat pendidikan (p-value=0,011) dan pengalaman kerja pembimbing praktikum di institusi (p-value=0,003) mempengaruhi kelulusan ujian OSCA. kesiapan, minat, nilai ujian praktikum dan pengalaman klinik pembimbing praktikum tidak mempengaruhi kelulusan uian OSCA. Hasil analisis regresi logistik diperoleh bahwa kesiapan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kelulusan ujian OSCA dengan nilai signifikan 0,032. hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk penelitian selanjutnya dan masukan bagi prodi untuk dapat memotivasi mahaiswa dalam persiapan ujian OSCA dan dosen untuk dapat meningkatkan mutu pembelajaran