Hubungan Intensitas Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook dengan Prestasi Belajar Mahasiswa D IV Bidan Pendidik STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2013

Main Author: Fidyastuti, Miftah Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1303/1/NASKAH%20PUBLIKASI_MIFTAH%20NUR%20FIDYASTUTI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1303/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Sosial media sangat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa karena para mahasiswa menghabiskan waktu merka untuk mengakses facebook. tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial facebook dengan prestasi belajar mahasiswa D IV Bidan Pendidik STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta. Rancangan penelitian ini descriptive correlation dan cross sectional digunakan dalam penelitian ini. 104 mahaiswa digunakan menjadi sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sample random sampling dipadukan dengan purposive sampling. data dikumpulkan menggunakan kuesioner Facebook Intensity Scale dan analisis menggunakan Kendall's Tau. Penelitian ini dilakukan selama bulan februari sampai Juli 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara intensitas penggunaan situs jejaring sosial Facebook dengan prestasi belajar (r=0,0205;p<0,05) untuk itu disarankan program studi D IV Bidan Pendidik untuk mengontrol penggunaan sosial pada mahasiswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa