Hubungan Persepsi Penerapan Pembelajaran Metode Tutorial dengan Kemandirian Belajar Mahasiswa Semester II di Stikes 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014

Main Author: Ferlina, Tias Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1254/1/TIAS%20RIZKI%20FERLINA_201310104204_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1254/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • INTISARI Tias Rizki Ferlina 2, Dewi Rokhanawati 3 Latar Belakang: Era globalisasi, perdagangan bebas, dan otonomi daerah telah mendesak dunia pendidikan terutama pendidikan tinggi untuk mulai secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan mengadakan perubahan demi perbaikan mutu melalui penelitian dan pengajaran, sehingga lulusan yang dihasilkan unggul dalam menghadapi persaingan yang makin ketat dan meningkat. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi penerapan pembelajaran metode tutorial dengan kemandirian belajar mahasiswa semester II di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014. Metode Penelitian: Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II reguler di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta pada Prodi DIII Kebidanan dan Prodi DIV Bidan Pendidik pada tahun 2014 berjumlah 314 orang mahasiswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportional random sampling dan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah Spearman Rho. Hasil Penelitian: Hasil analisis menunjukkan ? value Spearman Rho adalah 0,000. Karena ? value = 0,000 < ? = 0,05, ada hubungan signifikan antara persepsi penerapan pembelajaran metode tutorial dengan kemandirian belajar mahasiswa semester II di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014. Diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,483, berarti koefisien korelasi berada dalam rentang 0,40-0,599 (0,40 ? 0,483 ? 0,599), atau berada dalam kategori sedang. Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi penerapan pembelajaran metode tutorial berpengaruh terhadap kemandirian belajar mahasiswa semester II. Saran: Disarankan bagi institusi agar melakukan evaluasi terhadap persepsi penerapan pembelajaran metode tutorial yang diterapkan. Kata kunci : persepsi penerapan, tutorial, kemandirian Referensi : 6 buku (2007-2010), 12 website, 5 jurnal, 1 skripsi Jumlah halaman : xiv, 71 halaman, 7 tabel