Hubungan Motivasi Belajar Dengan Intensitas Belajar Pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Persalinan Mahasiswa Bidan Pendidik Jenjang DIV Reguler Semester II di STIKes Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014
Main Author: | Saidatun, Saidatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1234/1/NasPub_Saidatun.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1234/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- Latar belakang : Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi proses belajar dan intensitas belajar siswa akan sangat menentukan tingkat pencapaian tujuan belajarnya yaitu meningkatkan prestasinya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dari 15 mahasiswa hanya 5 mahasiswa (30%) yang menyatakan rutin belajar sebelum dan sesudah kuliah, dan 10 mahasiswa (70%) menyatakan jarang belajar, mereka hanya belajar pada saat menjelang ujian, yaitu pada malam hari sebelum ujian dilaksanakan. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui apakah ada Hubungan Motivasi Belajar dengan Intensitas Belajar Pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Persalinan Mahasiswa Bidan Pendidik Jenjang DIV Reguler Semester II STIKES „Aisyiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2014. Metode Penelitian : Desai penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan waktu cross sectional. Tekhnik sampling yang digunakan adalah proprtional random sampling dengan jumlah sampel 106 mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis korelasi Spearman Rank. Hasi Penelitian : Motivasi belajar baik sebanyak 54 mahasiswa (51,0%), sedangkan intensitas belajar yang baik sebanyak 55 mahasiswa (51,9% ). Ditunjukkan dengan hasil analisis uji Spearman Rank diperoleh nilai P value dengan taraf signifikansi (0,000) < a ( 0,05). Simpulan : Ada hubungan antara motivasi belajar dengan intensitas belajar pada mata kuliah asuhan kebidanan persalinan mahasiswa semester II program studi DIV Bidan Pendidik Jalur Reguler di STIKES „Aisyiyah Yogyakarta. Saran : Bagi institusi pendidikan khususnya stikes „aisyiyah yogyakarta agar dapat terus meningkatkan motivasi belajar dan intensitas belajar mahasiswa untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa sebaiknya suatu institusi khususnya bagi para dosen mempunyai metode pembelajaran yang tepat.