Hubungan Motivasi dan Suasana Belajar di Kelas dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Metodologi Penelitian Klinik pada Mahasiswa DIV Bidan Pendidik Semester VIII di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014

Main Author: Ulinnuha, Sabrina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/1233/1/Sabrina%20ulinnuha_201310104196_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/1233/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • INTISARI Latar Belakang Masalah pendidikan menjadi masalah yang belum bisa teratasi sampai saat ini di negara Indonesia, kurangnya sosialisasi pendidikan juga menjadi penyebab bahwa kebanyakan warga Indonesia kurang memahami pentingnya pendidikan.Hasil studi pendahuluan yang dilakukan didapatkan hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian dari tahun 2011-2013 tidak terdapat penurunan yang signifikan jumlah mahasiswa yang remidi, penurunan menjadi 68 orang (26,9%), sekitar 13,7% dari tahun sebelumnya, namun terdapat 36 orang mahasiswa yang remidi di dalam satu kelas. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui hubungan motivasi dan suasana belajar di kelas dengan hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian klinik pada mahasiswa DIV bidan pendidik semester VIII STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014 Metode Penelitian Desain penelitian yang digunakan survey analitik dengan pendekatan waktu cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis korelasi Spearman Rank Hasil Hasil Uji Spearman Rank didapatkan motivasi, suasana dengan hasil belajar nilai signifikansi nya sebesar 0,010 dan 0,021 lebih kecil dari 0,05, Nilai masingmasing korelasi sebesar 0,419 dan 0,379 Kesimpulan Ada hubungan Motivasi dan suasana belajar dengan hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian klinik pada mahasiswa DIV bidan pendidik semester VIII di STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta Saran Hasil penelitian ini disarankan pihak dosen agar mampu menciptakan metode yang lebih bervariatif dalam proses pembelajaran agar mahasiswi lebih termotivasi untuk belajar. Kata Kunci : Motivasi, Suasana Belajar, Hasil Belajar Kepustakaan : 1 ayat Al-Qur’an, 20 buku, 4 jurnal Jumlah halaman: xiv, 84 halaman, 8 tabel, 2 bagan, 11 lampiran