Pengaruh Terapi Bermain Peran terhadap Harga Diri pada Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Al-Wafa Sewon Bantul Yogyakarta
Main Author: | Kurniyatun, Rina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/1199/1/NASKAH%20PUBLIKASI%20RINA%20KURNIYATUN%20%5B070201184%5D.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/1199/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Sosialisasi merupakan suatu proses untuk berintegrasi dengan orang lain, sosialisasi sangat mempengaruhi dalam kehidupan anak karena anak akan mulai mengenal lingkungan di sekitarnya dan lingkungan bermainnya. Untuk meningkatkan sosialisasi anak bisa menggunakan terapi bermain. Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui ada pengaruh terapi bermain peran terhadap tingkat sosialisasi pada anak. Metode : Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan one group Pretest-Postest. Responden dalam penelitian ini adalah 30 orang murid TK „Aisyiyah Al-Wafa Sewon Bantul Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling serta uji statistik menggunakan Paired T-test Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh terapi bermain peran terhadap tingkat sosialisasi anak dengan menggunakan Paired T-test didapatkan nilai p=0,000 < 0,05. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan terapi bermain peran terhadap tingkat sosialisasi pada a