Accounting Active Learning dan Hasil Pembelajarannya: Studi Kasus pada Universitas Berbasis Kewirausahaan

Main Authors: Evi Marlina, Maria Assumpta, Maichal, Maichal
Format: Article info Case Study application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya , 2017
Subjects:
Online Access: https://journal.unesa.ac.id/index.php/aj/article/view/1609
https://journal.unesa.ac.id/index.php/aj/article/view/1609/1173
ctrlnum article-1609
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Accounting Active Learning dan Hasil Pembelajarannya: Studi Kasus pada Universitas Berbasis Kewirausahaan</title><creator>Evi Marlina, Maria Assumpta</creator><creator>Maichal, Maichal</creator><subject lang="id-ID">Accounting Active Learning</subject><subject lang="id-ID">Entrepreneurial Learning</subject><subject lang="id-ID">Entrepreneurial University</subject><subject lang="id-ID">integrasi pembelajaran akuntansi</subject><description lang="id-ID">AbstractThis research is conducted to enlarge the perception of Accounting Study Program students to their experience by using active learning method of learning (AAL) and learning outcomes. The AAL method is an accounting learning method that integrates accounting education with entrepreneurship education. The method used is by using triadik Rae model which is used as a tool in doing analysis. Informants in this research are seven students who have been through AAL learning process since semester one until semester seven. The result data is by conducting a forum group discussion, whose questions are directed to gain experience from informants during the AAL learning process and their application to learning outcomes that result in informants. The results of this study indicate the existence of AAL method, able to give a positive impact for students in terms of: establishing self-identity of entrepreneurship; a unique experience to be an entrepreneur in running a business project through a contextual learning process; and understanding towards. for the long term. The success of the AAL process is strongly felt by the integrase between students, parents, and institutions. The three elements must be united with the same goals and actions to achieve the success of learning.&#xA0;AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk menggali persepsi mahasiswa Program Studi Akuntansi terhadap pengalamannya mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode accounting active learning (AAL) dan hasil pembelajarannya. Metode AAL merupakan metode pemnbelajaran akuntansi yang mengintegrasikan pendidikan akuntansi dengan pendidikan entrepreneurship. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan triadic model Rae yang digunakan peneliti sebagai alat bantu dalam melakukan analisis. Informan dalam penelitian ini adalah tujuh mahasiswa yang telah melalui proses pembelajaran AAL sejak semester satu hingga semester tujuh. Data diperoleh dengan melakukan forum group discussion, yang pertanyaannya diarahkan untuk menggali pengalaman dari informan selama mengikuti proses pembelajaran AAL serta penerapannya terhadap hasil pembelajaran yang didapatkan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode AAL, mampu memberi dampak positif bagi mahasiswa dalam hal: pembentukan identitas diri yang entrepreneurial; mendapatkan pengalaman unik menjadi entrepreneur dalam menjalankan projek bisnis melalui proses pembelajaran kontekstual; dan pemahaman terhadap pentingnya kinerja entrepreneur untuk jangka panjang melalui proses negotiated entreprise. Keberhasilan proses AAL sangat dipengaruhi oleh integrase antara mahasiswa, orang tua, dan institusi. Tiga elemen tersebut harus secara bersamaan mempunyai tujuan dan tindakan yang sama untuk mencapai keberhasilan pembelajaran.</description><publisher lang="en-US">Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya</publisher><date>2017-10-31</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>Other:Case Study</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://journal.unesa.ac.id/index.php/aj/article/view/1609</identifier><identifier>10.26740/jaj.v9n1.p82-94</identifier><source lang="en-US">AKRUAL: Jurnal Akuntansi; Vol. 9 No. 1: AKRUAL: Jurnal Akuntansi (Oktober 2017); 82-94</source><source lang="id-ID">AKRUAL: JURNAL AKUNTANSI; Vol 9 No 1: AKRUAL: Jurnal Akuntansi (Oktober 2017); 82-94</source><source>2502-6380</source><source>2085-9643</source><source>10.26740/jaj.v9n1</source><language>eng</language><relation>https://journal.unesa.ac.id/index.php/aj/article/view/1609/1173</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2017 AKRUAL: Jurnal Akuntansi</rights><recordID>article-1609</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:Case Study
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Evi Marlina, Maria Assumpta
Maichal, Maichal
title Accounting Active Learning dan Hasil Pembelajarannya: Studi Kasus pada Universitas Berbasis Kewirausahaan
publisher Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya
publishDate 2017
topic Accounting Active Learning
Entrepreneurial Learning
Entrepreneurial University
integrasi pembelajaran akuntansi
url https://journal.unesa.ac.id/index.php/aj/article/view/1609
https://journal.unesa.ac.id/index.php/aj/article/view/1609/1173
contents AbstractThis research is conducted to enlarge the perception of Accounting Study Program students to their experience by using active learning method of learning (AAL) and learning outcomes. The AAL method is an accounting learning method that integrates accounting education with entrepreneurship education. The method used is by using triadik Rae model which is used as a tool in doing analysis. Informants in this research are seven students who have been through AAL learning process since semester one until semester seven. The result data is by conducting a forum group discussion, whose questions are directed to gain experience from informants during the AAL learning process and their application to learning outcomes that result in informants. The results of this study indicate the existence of AAL method, able to give a positive impact for students in terms of: establishing self-identity of entrepreneurship; a unique experience to be an entrepreneur in running a business project through a contextual learning process; and understanding towards. for the long term. The success of the AAL process is strongly felt by the integrase between students, parents, and institutions. The three elements must be united with the same goals and actions to achieve the success of learning. AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk menggali persepsi mahasiswa Program Studi Akuntansi terhadap pengalamannya mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode accounting active learning (AAL) dan hasil pembelajarannya. Metode AAL merupakan metode pemnbelajaran akuntansi yang mengintegrasikan pendidikan akuntansi dengan pendidikan entrepreneurship. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan triadic model Rae yang digunakan peneliti sebagai alat bantu dalam melakukan analisis. Informan dalam penelitian ini adalah tujuh mahasiswa yang telah melalui proses pembelajaran AAL sejak semester satu hingga semester tujuh. Data diperoleh dengan melakukan forum group discussion, yang pertanyaannya diarahkan untuk menggali pengalaman dari informan selama mengikuti proses pembelajaran AAL serta penerapannya terhadap hasil pembelajaran yang didapatkan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode AAL, mampu memberi dampak positif bagi mahasiswa dalam hal: pembentukan identitas diri yang entrepreneurial; mendapatkan pengalaman unik menjadi entrepreneur dalam menjalankan projek bisnis melalui proses pembelajaran kontekstual; dan pemahaman terhadap pentingnya kinerja entrepreneur untuk jangka panjang melalui proses negotiated entreprise. Keberhasilan proses AAL sangat dipengaruhi oleh integrase antara mahasiswa, orang tua, dan institusi. Tiga elemen tersebut harus secara bersamaan mempunyai tujuan dan tindakan yang sama untuk mencapai keberhasilan pembelajaran.
id IOS3882.article-1609
institution Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya
institution_id 839
institution_type library:university
library
library AKRUAL: Jurnal Akuntansi
library_id 811
collection AKRUAL - Jurnal Akuntansi
repository_id 3882
subject_area Accounting/Akuntansi
Taxes and Taxation/Pajak dan Perpajakan
Managerial Accounting/Akuntansi Manajerial, Akuntansi Manajemen
Accounting Information System
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
repoId IOS3882
first_indexed 2023-03-09T01:28:17Z
last_indexed 2023-03-09T01:28:17Z
recordtype dc
_version_ 1759851681429848064
score 17.538404