KONSISTENSI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-MA’UN DESA KEPUH PALIMANAN CIREBON
Main Author: | Nuryana, Nuryana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon
, 2013
|
Online Access: |
http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/holistik/article/view/183 http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/holistik/article/view/183/156 |
Daftar Isi:
- Kekhawatiran banyak pihak mengenai situasi bangsa dan negara Indonesia sekarang ini, menjadi perhatian serius bagi beberapa lembaga pendidikan termasuk didalamnya pondok pesantren. Berbagai penyakit moral yang sangat akut, korupsi, penyalahgunaan narkotika dan semacamnya, seks bebas, terorisme, kekerasan yang bernuansa suku, agama, ras dan antar golongan, separatisme dan krisis moral lainnya. Sebabnya adalah masyarakat Indonesia telah tercerabut dari nilai-nilai luhur bangsanya sendiri. Oleh karena itu pendidikan karakter merupakan keniscayaan yang harus diimplemntasikan oleh lembaga pendidikan. Pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.