MEMAHAMI TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI (Perspektif Psikologi Perkembangan)

Main Author: Nurhayati, Eti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan PGRA IAIN Syekh Nurjati Cirebon , 2015
Online Access: http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/738
http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/738/594
Daftar Isi:
  • Anak usia dini (early childhood) memiliki karakteristik berbeda dengan usia sebelum dan sesudahnya, baik dalam fisik-biologis, motorik, kognitif, moral, dan psikososialnya. Oleh karena itu perlakuan dan pendidikan untuk anak usia dini juga spesifik, di mana harus mempertimbangkan kesesuaian dengan usia kronologis serta pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu, bagi orang tua/calon orangtua, pendidik/calon pendidik, maupun pihak yang terkait dan concern di bidang pendidikan prasekolah, merupakan keniscayaan untuk memahami tumbuh kembang anak usia dini yang bertujuan untuk membantu menumbuh-kembangkan anak-anak secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Keniscayaan itu disebabkan anak usia dini sedang berada pada masa emas (golden age) dalam rentang kehidupan (lifespan) manusia, karena pada masa itulah dasar-dasar kepribadian diletakkan untuk kehidupan berikutnya di masa dewasa kelak sebagai pribadi manusia yang seutuhnya. Kata kunci: Perkembangan fisik, motorik, kognitif, psikososial; Anak usia Dini.