CLASSROOM ASSESMEN PADA ASPEK PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI TKIT AL-IKHLAS AL-MA’ARIF CIREBON
Main Authors: | Saripudin, Aip; IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Awelas, Tiara Aning; IAIN Cirebon |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/7230 https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/7230/3291 |
Daftar Isi:
- AbstractAssessment activities is a piece of learning which could not be separated with early childhood learning .Assessment presents on every learning session practicing by teachers or parent. Assessment development activities on various aspects allow teachers and parent knowing the growth of early childhood that would give stimulation if there was an advanced ability been attained. Also with value of religion and moral, teachers and parents in TKIT Al-Ikhlas Al-Maarif always do the assessment collaboration. Teachers in TKIT Al-Ikhlas Al-Maarif had also tried to stimulate in developing the students capability, religion and moral. So, the children who have not fulfilled these assessment could be stimulated as early as possible. The methods used in this research was using the data through qualitative observation and interview. The Observation was doing when the learning activities, while the interview directed to the teachers TKIT Al-Iklash Al-Maarif. Assessment value of the moral and religious was made over two months, then the researcher discovered that the average of 10 children had developed as expected. This could be seen from some indicators of the moral and religious value which are accomplished. This research is appropriate with a Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) with percentage excellent (86,7 %). Keyword: Assesmen, value of religion and moral, PAUD AbstrakKegiatan asesmen merupakan salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari proses pembelajaran anak usia dini. Asesmen senantiasa hadir pada setiap sesi pembelajaran anak baik dilakukan oleh guru maupun dilakukan oleh orang tua. Kegiatan asesmen dalam berbagai aspek perkembangan memungkinkan guru dan orangtua mengetahui perkembangan dan pertumbuhan anak secara dini, sehingga dapat memberikan stimulasi lanjutan apabila terdapat kemampuan anak yang belum tercapai. Begitupula dengan perkembangan Nilai Agama dan Moral, guru dan orang tua di TKIT Al-Iklash Al-Maarif senantiasa berkolaborasi dalam melakukan asesmen. Guru di TKIT AL-Ikhlas Al-Ma’arif juga telah melakukan upaya stimulasi dalam mengembangkan nilai agama dan moral peserta didik, sehingga anak yang belum memenuhi capaian perkembangan dapat sedini mungkin distimulasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kualitatif dengan data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Observasi dilakukan di sekolah selama kegiatan pembelajaran berlangsung, sementara wawancara dilakukan kepada guru kelas A TKIT Al-ikhlas Al-Maarif. Hasil asesmen perkembangan nilai moral dan agama yang dilakukan dalam kurun waktu dua bulan, maka peneliti menemukan fakta bahwa dari 10 anak yang diteliti rata-rata dapat dikatakan sudah berkembang sesuai harapan. Hal ini terlihat dari beberapa indikator Nilai Moral dan Agama sudah mampu tercapai. Hal ini sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) dengan nilai presentase sangat baik (86,7%).Kata Kunci: Asesmen, Perkembangan nilai moral dan agama, PAUD