PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Main Authors: | Rahayu, Maulina; Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Rusdiyani, Isti, Fadlullah, Fadlullah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon
, 2022
|
Online Access: |
https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/10374 https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/10374/4714 https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/downloadSuppFile/10374/2561 https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/downloadSuppFile/10374/2562 |
Daftar Isi:
- Anak usia 5-6 tahun merupakan masa emas dimana masa sangat penting diberikan stimulasi yang tepat agar perkembangan anak tercapai secara maksimal. Perlu sarana yang sesuai dengan tingkat usianya. Agar anak usia dini tertarik untuk belajar, dibutuhkan media pembelajaran yang sesuai anak usia dini salah satunya multimedia pembelajaran interaktif dalam menstimulasi kemampuan berbicara. Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan dan respon pengguna terhadap multimedia pembelajaran interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) model acuan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Data diperoleh dari ahli media, ahli materi, guru dan peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian: (1) hasil validasi kelayakan dari ahli media sebesar 90,7% dan dari ahli materi sebesar 85,4% dengan kategori sangat layak, (2) respon guru sebesar 85,8% dan respon peserta didik sebesar 89,1% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif sangat layak untuk dimanfaatkan dalam menstimulasi kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun.