Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Nasabah Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Produk Bmt (Studi Kasus Pada Bmt Artha Barokah Yogyakarta)

Main Authors: Giyanti, Sri; Universitas Alma Ata, Suripto, Teguh; Universitas Alma Ata
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Alma Ata , 2017
Online Access: http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/392
http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/392/364
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) pengaruh sikap terhadap perilaku nasabah BMT Artha Barokah, 2) pengaruh motivasi terhadap perilaku nasabah BMT Artha Barokah, 3) pengaruh kelas sosial terhadap perilaku nasabah BMT Artha Barokah, 4) pengaruh sikap, motivasi, dan kelas sosial bersama-sama terhadap perilaku nasabah BMT Artha Barokah. Analisis data menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, uji validitas dan reliabilitas digunakan dalam instrumen penelitian serta pengujian uji-t (Parsial), uji-f (serentak), uji (Identifikasi Determinasi) dan ujin Linieritas.Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan sikap Sikap Nasabah (X1)berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan T hitung adalah positif, namun t hitung < t tabel, dengan angka 1,522 <2,028.Motivasi (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan t hitung adalah positif, namun t hitung < t tabel, dengan angka 0,692 < 2,028.Kelas Sosial (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku nasabah. Diketahui bahwa nilai koefesien dan t hitung adalah positif, serta t hitung > t tabel dengan angka 2,703 > 2,028.Hasil uji f, nilai Fhitung sebesar 7,711 sedangkan nilai F tabel sebesar 2,87 (Fhitung>Ftabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara variabel independen (sikap, motivasi, dan kelas sosial) terhadap perilaku nasabah.Hasil R square 0,391 yang berarti 39,1%. variabel terikat (dependen) dapat dijelaskan oleh variasi variabel bebasnya (independen), sedangkan sisanya 60,9% dijelaskan oleh variasi variabel lain diluar penelitian ini.