Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengguunaan Media Kartu (Flash Card) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Alim Maligano Kabupaten Muna
Main Author: | putra, aris try andreas; IAIN Kendari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Alma Ata
, 2022
|
Online Access: |
https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/2442 https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/2442/1789 https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/downloadSuppFile/2442/502 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu (flash cards) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Alim Maligano Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur penelitian dalam dua siklus dan beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumupalan data yang digunakan yaitu observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas peneliti dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Tes hasil belajar dilaksanakan untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang keadaan dan jumlah siswa yang akan diteliti pada kelas VIII MTs Al-Alim Maligano Kabupaten Muna. Dari hasil penelitian maka siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas pada tes awal prasiklus sebanyak 5 orang dengan rata-rata 32,61 dan persentase 23,80 %. Setelah pelaksanaan siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar di atas nilai 70 sejumlah 11 orang dengan rata-rata 63,80 dan persentase 52,38 %. Selanjutnya setelah pelaksanaan sikuls II, siswa yang memperoleh nilai 70 keatas berjumlah 17 orang dengan rata-rata 73,80 dan persentase 80,95 %. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Kartu (Flash Cards), Al-Qur’an Hadits