Identifikasi Kegiatan Belajar Siswa Ditinjau dari Minat dan Motivasi di Sekolah Dasar

Main Author: Piyana, Suci Okta; Jambi University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Alma Ata , 2020
Online Access: http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/1285
http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/1285/1276
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan motivasi siswa di SD Negeri 13/I Rengas Condong dan SD Negeri 80/I Muara Bulian dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian survei. Penelitian ini melibatkan 95 SD Negeri 13/I Rengas Condong dan SD Negeri 80/I Muara Bulian yang didaptkan berdasarkan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuisioner minat dan motivasi siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan mendeskripsikan hasil berupa Mean, Median, Mode, Nilai Minimum dan Nilai Maksimum. Hasil analisis yang diperoleh pada angket minat memperoleh kategori yang dominan pada kategori baik sebanyak 74 siswa dengan persentase 77,9%. Sementara hasil analisis yang diperoleh pada angket motivasi dominan pada kategori baik sebanyak 84 siswa dengan persentase 88,4%. Berdasarkan hasil tersebut siswa SD Negeri 13/I Rengas Condong dan SD Negeri 80/I Muara Bulian memiliki minat dan motivasi yang baik dalam proses pembelajaran.