PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN IPS SD RUANG KELAS A SEMESTER I JURUSAN PGSD UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2013

Main Author: Rini, Euis Kusuma; Widya Gama Mahakam Samarinda University
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/45
http://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/45/11
http://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/downloadSuppFile/45/10
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah IPS SD yaitu melalui penerapan strategi pembelajaran menggunakan Metode Kooperatif Model Jigsaw Ruang Kelas A Semester I Jurusan PGSD Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilatar belakangi keinginan peneliti untuk lebih meningkatkan kreativitas dan kualitas dalam pembelajaran Pendidikan IPS SD karena melihat dilapangan kretifitas dosen dalam pembelajaran masih konvensional dan monoton dan diikuti fenomena melemahnya kualitas peserta didik yang sangat terasa di tempat peneliti mengajar. Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Ruang Kelas A Semester I Jurusan PGSD Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda yang berjumlah 50 orang mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes evaluasi, catatan lapangan, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dari Miles dan Hubermen. Analisis data kualitatif adalah untuk memperoleh data tentang : 1) Pelaksanaan Pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw, 2) Aktivitas Belajar, 3) Respon mahasiswa, dan 4) Prestasi Hasil Belajar Mahasiswa.