KAJIAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN VIRTUAL LAB
Main Authors: | Ikhsan, Muhammad; Widya Gama Mahakam Samarinda University, Afdal, Afdal; Widya Gama Mahakam Samarinda University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/43 http://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/43/23 |
Daftar Isi:
- Ilmu kimia dalam pembelajarannya membutuhkan metode yang bersifat eksperimental sehingga membutuhkan kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa dengan penggunaan software virtual lab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari 23 siswa kelas XI keperawatan SMK Kesehatan Jamiatul Muttaqin Samarinda dan 1 guru mata pelajaran kimia. Variabel yang diukur adalah motivasi belajar siswa, data tersebut dikumpulkan dari hasil angket dan wawancara pada siswa dan guru. Hasil penelitian yang diperoleh adalah motivasi belajar kimia siswa dengan penggunaan software virtual lab pada praktikum titrasi asam dan basa dapat dikategorikan Tinggi dengan skor rata-rata 73,28 %. Software Virtual lab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan dapat menjadi alternatif bagi sekolah yang tidak memiliki laboratorium kimia.