PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III DI SDN 027 SAMARINDA ULU

Main Author: Haddar, Gamar Al
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Teacher Training and Education Faculty, Widya Gama Mahakam Samarinda University , 2020
Online Access: https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/389
https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/389/214
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan metode pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas III SDN 027 Samarinda Ulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas di laksanakan tiga siklus. Setiap siklus tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa yang berjumlah 31 siswa, 21 laki-laki dan 10 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode peneltian Mixed Methods.Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas Pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I perhatian siswa 66%, keaktifan 59%, kerjasama 60%, pemahaman 66%. Siklus II perhatian 70%, keaktifan siswa 74%, kerjasama siswa 72%, pemahaman 73%. Pada siklus III perhatian siswa 91%, keaktifan siswa 91% kerjasama 90%, pemahaman siswa 91%. Hasil wawancara pada siklus I, II, dan III peneliti mewawancarai 20 orang siswa dan hasil persentase yang menyukai pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing yaitu 100%. Berdasarkan prasiklus nilai tes belajar siswa dengan nilai rata-rata 61 dengan nilai persentase 40% dan pada siklus I yang tuntas 15 orang dengan persentase ketuntasan 48,38% dan meningkat pada siklus II yang tuntas 20 orang dengan persentase 64,51% dan kembali meningkat lagi pada siklus III yang tuntas 31 orang dengan persentase 100% . Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas III SDN 027 Samarinda Ulu.