UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS V ( LIMA ) SD NEGERI 020 BABULU TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Main Author: hidayati, sri
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar , 2019
Online Access: https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/252
https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/252/171
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn serta pengaruh motivasi belajar setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar PKn?Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : tahap rancangan, tahap kegiatan dan pelaksanaan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V (lima) SD Negeri 020 Babulu tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II, yaitu (47.3%), siklus I (73,68%) dan siklus II (89,48%).Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa V (lima). Model pembelajaran ini juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn.