ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS VD DI SDN 012 SAMARINDA UTARA

Main Authors: Euis Kusumarini, Eka Selvi Handayani, Andi Maya Andriani
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Teacher Training and Education Faculty, Widya Gama Mahakam Samarinda University , 2022
Online Access: https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1173
https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1173/635
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilatar belakangi dengan adanya tingkat pemahaman siswa melalui pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran online terhadap tingkat pemahaman siswa kelas VD SDN 012 Samarinda Utara. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumen. Adapun pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Analisis Pembelajaran Online Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Pada Kelas VD SDN 012 Samarinda Utara maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online telah dilakukan dengan menggunakan via whatsapp dan dengan mengirim pesan Short Message Service (SMS) apabila siswa tidak memiliki handphone android. Namun ada beberapa kendala yang dapat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa yaitu, fasilitas yg kurang mendukung seperti handphone android dan kuota, keaktifan dalam bertanya kurang, keaktifan belajar kurang dan keaktifan dalam mengerjakan tugas kurang.