RELEVANSI KONSEP ADAB IMAM AL-GHAZALI DAN KONSEP WARA’ SYEKH AZ-ZARNUJI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA
Main Author: | Asmaul Khusna, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9874/1/1.%20COVER%20-%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9874/2/2.%20BAB%20I.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9874/3/6.%20BAB%20V.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9874/4/7.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9874/ http://web.syekhnurjati.ac.id |
Daftar Isi:
- Bangsa Indonesia saat ini mengalami berbagai krisis. Dari mulai krisis ekonomi hingga krisis sosial. Melihat kenyataan banyak terjadinya krisis dimasyarakat yang didominasi pada masalah moral dan karakter, pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan mengenai pendidikan karakter. Kebijakan pendidikan karakter ini dicanangkan dalam penerapan kurikulum 2013 diberbagai jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Imam Al-Ghazali dan Syekh Az-Zarnuji adalah diantara sosok pemikir pendidikan Islam yang banyak memberikan perhatian utama pada etika dan dimensi spiritual dalam pendidikan Islam. Pemikiran terkait etika kedua tokoh tersebut tertuang dalam karya monumentalnya yaitu Kitab Ta‟lim Muta‟allim (Syekh Az-Zarnuji) dan Kitab Bidayah al Hidayah (Imam Al-Ghazali). Bagi kedua tokoh tersebut, hal yang utama dalam proses pendidikan adalah mengolah hati sebagai asas sentral pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi konsep adab Imam Al-Ghazali dan konsep wara‟ Syekh Az-Zarnuji dengan pendidikan karakter di Indonesia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) serta menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat relevansi antara relevansi konsep adab Imam Al-Ghazali dan konsep wara‟ Syekh Az-Zarnuji dengan 18 nilai pendidikan karakter di Indonesia. Yaitu khususnya pada nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, demokratis, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab.