PENGARUH LITERASI PEGADAIAN SYARIAH DAN ADVERTISING TERHADAP MINAT MAHASISWA MELAKUKAN PEMBIAYAAN DI PEGADAIAN SYARIAH (Survey pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Main Author: | Helmi Eka Sari, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9792/1/awalan%20dll.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9792/2/bab%20i.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9792/3/bab%20v.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9792/4/dapus.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9792/ http://web.syekhnurjati.ac.id |
Daftar Isi:
- Mahasiswa sebagai orang yang mengenyam pendidikan tinggi tidak menjamin bahwa mereka memiliki literasi keuangan yang baik. Bukti empiris rendahnya literasi keuangan juga terjadi pada kalangan mahasiswa seperti yang diungkapkan Chen dan Volpe bahwa rendahnya literasi keuangan mahasiswa terjadi karena kurangnya edukasi personal finance di universitas. Lebih lanjut, Nidar dan Bestari dalam penelitiannya juga menemukan bahwa level literasi keuangan yang dimiliki oleh mahasiswa masih dikategorikan rendah. Chen dan Volpe menyarankan agar dilakukan investigasi lebih lanjut tentang literasi keuangan pada mahasiswa jurusan bisnis/manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Pegadaian Syariah dan Advertising terhadap minat mahasiswa melakukan pembiayaan di pegadaian syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui penyebaran kuesioner, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian data tersebut diuji analisis menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, serta uji hipotesis dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 25. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, menunjukan bahwa literasi pegadaian syariah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat melakukan pembiayaan di pegadaian syariah. Dan pada variabel advertising juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat melakukan pembiayaan di pegadaian syariah. Secara simultan pengaruh variabel literasi pegadaian syariah dan advertising memberikan kontribusi sebesar 35% terhadap minat melakukan pembiayaan di pegadaian syariah, dan sisanya 65% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.